2 January 2018

Apa Sih Yang Dimaksud Dengan Root? Ini Dia Penjelasannya


Di kehidupan yang serba modern dan serba canggih seperti sekarang ini, tampaknya sebagian besar manusia yang ada di dunia sudah memiliki gadget. Saking banyaknya, kini sudah tak terhitung lagi berapa banyak jumlah para pengguna smartphone di seluruh dunia. Akan tetapi, masih ada sebagian dari kita yang tidak tahu menahu tentang apa itu root. Untuk mengetahui lebih jelasnya lagi tentang root, mari sama-sama kita simak penjelasannya di bawah ini.

Penjelasan Root
Rooting android atau yang biasa di sebut dengan nama root android, merupakan sebuah proses modifikasi pada sistem operasi android agar penggunanya dapat mengakses aplikasi tanpa ruang batas. Ya, proses-proses modifikasi tersebut di antaranya seperti menambah, mengurangi, hingga merusak elemen-elemen yang ada pada android tersebut. Istilah root itu sendiri lebih mengacu pada super user, dimana hal itu merupakan administrator yang terdapat pada semua sistem operasi yang berlandaskan Linux dan Android. Dengan begitu, Akun administrator yang dimaksud akan memiliki akses penuh terhadap sistem, yang mana penggunanya bisa melakukan apa saja yang sesuai dengan selera. Dalam proses tersebut, aktivitas yang kecil juga dapat mempengaruhi pada perubahan sistem operasi android oleh root, yang nantinya super user tersebut akan di kategorikan sebagai developer.

Pada dasarnya, aktivitas root ini sah-sah saja di lakukan asal android tersebut bersifat open source. Itu artinya, para pemiliki smartphone bisa berkontribusi untuk menjadi developer android yang bisa merubah apa saja sesuai selera. Meski demikian, namun aktivitas rooting ini juga terdapat kekurangan dan kelebihannya.

Kelebihan Rooting Untuk Android :

1. Memiliki akses yang tidak terbatas pada sistem operasi android, dimana user yang memiliki hal akses root bisa dengan leluasa melakukan modifikasi sesuai selera penggunanya.
2. Pengguna bisa menghapus aplikasi-aplikasi dari pabriknya, jika aplikasi tersebut di rasa tidak bermanfaat atau tidak cocok.
3. Mampu mengendalikan aplikasi secara lengkap, termasuk melakukan backup aplikasi dan sistem operasinya. Tak hanya sampai di situ saja, para penggunanya juga dapat melakukan install ulang tanpa harus mendownload aplikasi saat proses root.

Kekurangan Rooting Untuk Android :

1. Adanya peningkatan tweaking dapat menghambat kinerja pada sistem androidnya.
2. Penyalahgunaan hak akses roor bisa membuat perangkat android menjadi malfungsi.
3. Menghilangkan garansi pada produk smartphone tersebut.

Demikianlah penjelasan singkat tentang aktivitas root untuk android. Silakan dicoba coba ya, semoga berhasil :)

Share:

Blog Archive