WHAT'S NEW?
Loading...

Sate Kuda dari Plaosan Purworejo

sumber foto : suaramerdeka

Ngemeng ngemeng sate, jadi inget beberapa tahun lalu pernah nyobain salah satu menu sate yang agak kurang biasa di dunia perkulineran umum, yaitu sate kuda. Lokasinya di daerah Plaosan RT 03 RW 16 Purworejo, untuk menuju kesana bisa lewat gang sebelah timur SMPN 2 Purworejo, atau bisa lewat jalan di sebelah Batalyon 412, Purworejo. Nama pemiliknya yaitu Bu Sri Sukamti.

Sebelum membuka warung di rumahnya sendiri di Plaosan ini, Sri Sukamti membuka warung lesehan di lapangan Cangkrep Purworejo sejak Juli 2007 lalu. Menurut Sri Sukamti, sate kuda hasil racikannya mampu menambah stamina terutama bagi kaum pria, di badan lebih hangat, dan bisa menyembuhkan penderita alergi gatal-gatal, serta menyembuhkan penyakit sesak nafas. Tapi setelah makan sate kuda ini, saya kok gak merasa jadi hangat ya?

Katanya sih gak ada resep khusus dalam membuat sate tersebut, namun dalam membeli daging kuda di Jogjakarta, ia memilih daging yang masih muda dan yang masih segar. Dengan daging muda maka akan terasa empuk. Sate kuda tersebut setelah dicampur dengan bumbu disajikan bersama lalapan tomat dan mentimun, rasanya gurih pedas manis. 

Dulu pas kesana sih harganya masih Rp 6.000 per porsi, kurang tahu kalau sekarang. Satu porsi tersebut terdiri dari lima tusuk sate. Sedang per harinya, warung Sri Sukamti ini mampu menghabiskan satu sampai dua kilogram daging kuda. Kalau dirasa rasa, dagingnya memang agak liat, beda dengan daging kambing.

Oia selain sate kuda, disini juga ada sate hiu, haha serem juga ya namanya. Tekstur sate hiu ini halus dan lembut seperti daging ikan pada umumnya.

Menurut Sri Sukamti, ia awalnya cuma coba-coba. Sekitar pertengahan bulan Juni 2008 lalu ia ditawari Yayat sopir Bus DAMRI yang tinggal dekat TPI Cilacap ikan hiu. Ikan hiu itu bingung mau diapakan. Lalu Sri Sukamti mencoba membuat sop, namun rasanya belum sreg. Lalu beliau mencoba membuat sate hiu dengan bumbu meracik sendiri, tak disangka ternyata rasanya nikmat.

Dilihat dari kandungan gizinya, Daging hiu ini mengandung Omega lho, sejenis minyak ikan untuk kecerdasan. Ikan hiu ini sangat bagus bila dikonsumsi untuk ibu hamil dan anak-anak.

Tapi eh tapi, ada beberapa jenis ikan Hiu yang statusnya Hewan Dilindungi lho jadi gak semua jenis hiu boleh dikonsumsi ya.

Jadi bila kalian sedang berada di Purworejo, jangan lupa mampir ya...

2 comments: Leave Your Comments

  1. Selain di Plaosan, ada di mana lagi ya..? Kalau sate hiu..? Kalau sate tupai..?

    ReplyDelete
  2. ada lagi kok, coba baca di postingan http://berbagifun.blogspot.com/2012/08/warung-sate-ki-bawono-lengser-purworejo.html

    ReplyDelete

Silakan Meninggalkan Jejak di Kolom Komentar