WHAT'S NEW?
Loading...

Trip ke Gili Layar dan Gili Rengit with Lombok Backpaker

Minggu pagi, kita kita dari Lombok Backpaker sudah siap siap menuju Pelangan Sekotong, guna menyeberang ke Gili Layar dan Rengit. Persiapan pun lengkap sudah kita bawa, sehingga gak perlu menyewa lagi, seperti snorkle, pelampung dan fin.

Minggu ini team kita lumayan banyak, ada 14 orang, ada yang asli Lombok, beberapa dari Jawa dan satu dari Riau. Dengan sepeda motor, kita berkonvoi Mataram - Pelangan selama kurang lebih dua jam.

Cuaca sih cerah ceria, tapi ternyata angin nya gak kompak, di Pelangan angin nya kenceng, so ombaknya pun ikut kenceng, padahal dulu pas pertama kali kesini kaya kolam, gak ada ombak.

Oia betewe tempat penyeberangan nya ada di sebelah Pom Bensin Pelangan, Sekotong. Kalo dari Sundancer, masih jauhan lagi. Nego nego dapet tarif nyebrang 500 ribu seharian untuk dua kapal  ke Gili Layar dan Rengit.

Kapal pun berjalan pelan, lama deh di kapal nya. Tapi untung nya sepanjang jalan, disuguhi pemandangan yang indah indah, kali ini rutenya melewati sebelah kiri Gili Gede, dari sini kelihatan beberapa penginapan private di berbagai titik Gili Gede, salah satunya Bola Bola Paradise, yang letaknya di pojokan pulau.

30 menit berlalu, kita pun mendarat juga di Gili Layar, langsung dah pada nyebur semua. Spot yang satu ini lumayan indah, banyak ikan, terumbukarang yang besar besar dan jernih, namun sayang ombaknya lagi gak bersahabat, jadi capek mengayun tangan dan kaki. Akhirnya gue memutuskan menepi saja, foto foto di daratan nya. Eh betewe di sini banyak kotoran sapi yang sudah mengering dan ditumbuhi jamur di atas nya nih, lebih terkenal sih disebut "Fresh Mushroom", uwoooo barang ini dijual di Gili Trawangan nih, memabukkan gitu.. Hihihi nih fotonya :

 

Sumpah ya siang ini anginnya lagi super supernya, pake batere alkaline nih, sampae sampe sampe kita gak ngerasa kepanasan, padahal teriknya minta ampun. Lama juga kita duduk duduk di Pantai nya, ngobrol ngobrol, sembari nyemil nyemil, yang lain asyik foto foto...





Nah setelah puas istirahat kita pun beranjak menuju spot yang kedua, lokasinya ada di antara Gili Layar dan Rengit, karena ada di tengah laut, jadi agak dalem. Uniknya spot bagusnya udah ditandain ama tukang perahunya, ada pelampung yang diikatkan kuat di dasar laut, tali ikatan ini selain berfungsi sebagai penanda spot, juga berfungsi sebagai kait buat perahu, jadi perahunya gak perlu lempar jangkar.

Byurrrr.... nyebur dah gue, tengok kanan kiri ternyata cuma berempat yang nyebur, yang lain gak pada nyebur. Wuih... bener bener ya terumbu karangnya memang luar biasa, yang buat gue kagum itu Karang Meja nya, gede bangeeet. Jadi ada bongkahan terumbu karang besar, sebesar mobil gitu, trus bagian atasnya ada terumbukarang meja yang mengelilinginya, diameternya luas... Meja Raksasa...  

Udah capek ngayun ngayun tangan, kita pun pada naek perahu dan menuju Gili Rengit buat makan siang. Nah, ternyata sisi kanan dermaga di Gili Rengit ini tak berombak, yeeey. Pasti asyik nih buat snorkling nanti.

Semua tiba tiba tenang saat makan tiba, haha.. ketahuan ini pada kelaparan. eh tapi terkecuali si Om Duta, kayaknya baterenya ini unlimited, dari tadi pagi ngoceh terus...


Setelah kenyang, kita pun balik snorkling lagi, di kanan dan kiri Dermaga. Hari ini sebelah kiri dermaga arusnya deres, sedangkan sebelah kanan dermaga tak berarus, sama bagusnya sih, cuma karena berarus, sebelah kiri dermaga jadi gak bagus visibility nya, air bercampur pasir. Pokoknya yang hobi banget sorkling, wajib ke Gili Rengit dan Layar ini, dijamin super puasssss..



Oia, beruntung sekali pas kita di Gili Rengit ini bebarengan ama team nya Spear Fishing, alias pehobi nembak ikan pake alat khusus, ada beberapa orang, cuma satu yang gue kenal si Farid Bosky. Uwooo hasil buruan mereka udah banyak, ada ikan baronang, kerapu, lobster dan ikan ikan lain. Asyiknya di Gili Rengit ini jadi lokasi bakar bakar hasil buruan mereka, lengkap juga bekal nya ada kompor, teflon, minyak, bumbu, cabe.. Yihaaa.. Kita semua makan bersama... Seruuu....


Habis bakar bakaran, mereka pun kembali turun ke laut buat nembak. Yeah gue pun ngikutin mereka, huh huh huh mereka pake fin, gue kagak bisa ngejar..... BUset dah ah, kuat banget ya nahan napasnya, ada dah tuh 20 meter lebih nyelem sampe kagak keliatan lagi.. Tiba tiba udah dapet ikan besar aja tuh...

wah ternyata sudah sore kawan, kita pun siap siap balik ke Lombok sebelum gelap... Sampai di pelabuhan pelangan, ombaknya besar lagi.. Perahu nya pun bersandar agak jauh dari pelabuhannya, menghindari ombak. Ini nih foto setelah mendarat :


Dan perjalanan Lombok Backpacker di minggu ini diakhiri dengan menikmati Sunset di Sekotong.... Subhanallah indahnya..........




jangan lupa follow twitter kita @lombokkita untuk all about Lombok
LOMBOK itu INDAH

5 comments: Leave Your Comments

  1. wilayah sekotong memang indah. sangat lamaaaa sy pernah ke sana... sekarang cuman bisa jalan2 di online sj. ayooo eksplore keindahan indonesia

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silakan jelajahi lombok lewat blog ini :)

      Delete
  2. Weekend awal Juli 2013 lalu baru aja dari sini...underwater view-nya bikin kepingin balik lagi...my wish, next visit harus dive.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang di sekitarr sini masih alami, juaraa dah

      Delete
  3. Emang lombok gila abis... gua saranin jangan kelombok ....... nanti gak mau pulang

    ReplyDelete

Silakan Meninggalkan Jejak di Kolom Komentar