13 October 2013

Ada Gosong Pasir di Pantai Sejuk

Bagi yang belum tahu, Gosong pasir adalah bentukan daratan yang terkurung atau menjorok pada suatu perairan, biasanya terbentuk dari pasir, geluh, dan atau kerikil (sumber : wikipedia)

Nah di Lombok ini ada beberapa pantai atau laut yang ada gosongnya, diantaranya yang sudah mulai dikenal yaitu di deket Gili Kondo, dan di Pantai Pengantap, serta masih banyak lagi yang lain yang cuma kelihatan pas air laut surut. 

 Satu yang baru saya temukan (ceileh semacam penemu gitu ya...), yaitu Gosong Pasir di Pantai Sejuk.. Hoho, awal mulanya saya dapat info mengenai Pantai Sejuk ini dari Om Bowo, si empunya Selaparang Tours, dan alhamdulilah ya cuma berbekal petunjuk lisan dari om bowo, saya bisa juga sampai di Pantai Sejuk.

Sebenernya Pantai Sejuk ini masih ada di wilayah Pantai Sira, Lombok Utara, tapi oleh penduduk setempat, bagian pantai ini dinamakan Pantai Sejuk, yaaa mungkin gegara banyak pohon kelapa nya ya, jadi sejuk. Tapi pas saya kesini weekend ini, suasana di pantai ini lagi buruk banget, angin lautnya super ganas, kenceng banget, untungnya sih gak ada ombak coz lagi agak surut

Air lautnya itu lho, ijo toscaaa... coba ya cuacanya pas lagi bersahabat, pasti asyik banget mandi mandi disini, serasa pantai pribadi, bener bener gak ada orang lain disini.

Beberapa meter ke tengah perairan bisa kita lihat ada gundukan pasir yang tak terendam air laut, yuph itu dah yang dinamakan gosong pasir, tinggal jalan kaki aja, kita bisa sampai sono dah. Ukurannya kecil lonjong, kira kira cuma 2 x 10 meter, tapi ya menurut saya sih ini ukuran bisa berubah ubah tergantung pasang surut air laut, pas pasang yakin dah ini gosong bakal tenggelam.

Dari tengah gosong ini kita bisa lihat Gili Air di arah barat dan Bangunan Biru Pelabuhan Bangsal di arah selatan serta lalu lalang perahu jurusan Bangsal - Tiga Gili (Trawangan, Meno, Air) 





Gimana bisa sampai Pantai Sejuk?
1. Dari Mataram, silakan arahkan kendaraan menuju Pemenang, KLU terus ke utara dikit masuk ke area Pantai Sira.
2. Nanti akan melewati lapangan golf, terus saja ikuti jalan aspal nya
3. Akan melewati perumahan penduduk
4. Ikuti jalurnya sampai ketemu pantai
5. Tataaaa sampailah di Pantai Sejuk
6. Biar lebih jelas, silakan buka peta nya di wikimapia > [link]



jangan lupa follow twitter kita @lombokkita untuk all about Lombok
LOMBOK itu INDAH
Share:

4 comments:

  1. Lombok mmg ngak ada mati nya, hampir semu atempat menawarkan keindahan :-)

    ReplyDelete
  2. Gosong pasir di Belitung juga indah banget..love Indonesia

    ReplyDelete

Silakan Meninggalkan Jejak di Kolom Komentar

My Youtube Channel

Blog Archive