WHAT'S NEW?
Loading...

Seharian Muterin Rinjani

Weekend yang melelahkan.... tapi seruu !!!!

Kali ini trip kita adalah keliling rinjani, eits tapi bukan trekking jalan kaki muterin tuh gunung ya, tapi menempuh jalur aspal dengan rute Mataram - Sembalun - Senaru Bayan - Senggigi - Mataram..

Awalnya sih berencana cuss jam 7 pagi biar pulangnya gak kemaleman, yaa tapi apa mau dikata, ujung ujungnya pasti ngaret, alhasil jam setengah 10 baru cuss, diitung itung udah rugi 2 jam lebih nih, kalau sesuai rencana awal ya sudah sampai malahan, tapi ini jam 12 siang baru nyampai puncak sembalun (pusuk).

Hari Sabtu, Sembalun gak terlalu ramai, malah jarang papasan atao disalip ama kendaraan lain pas di jalan nanjak ke Sembalun. Oia jalan yang nanjak ini lagi dalam perbaikan dan pelebaran nih, alhamdulilah ya akhirnya jalan utama ini diperhatikan juga ama pemda setempat, paling tidak sebulan dua bulan lagi udah mulus nih, Aamiin

Selain view yang ciamik, salah satu yang saya cari di puncak sembalun adalah pentol nya, haha gak tahu ya kenapa saya ketagihan ama pentol sembalun, pernah nyoba pentol di berbagai wilayah di Lombok, tapi yang enak ya pentol di Sembalun dan di Penyeberangan ke Gili Kondo...



Gak lama sih kita di pusuk sembalun, setelah makan pentol idaman, trus foto foto trus turun deh menuju Sembalun Lawang, nyari Strawberry. Pertama kita beli di pinggir jalan sebelum sampai di perkampungan, harganya satu mika lima ribu.

Nah pas sampai di perkampungan Sembalun Lawang, kita mampir dulu shalat di salah satu masjid yang lumayan bagus, paling mencolok dibanding bangunan di sekitarnya, berwarna hijau dengan taman di depannya. Saat mau wudhu, ternyata i tempat wudhu ada bapak2 warga situ yang lagi mandi, ebuseeet bener bener mandi bro.. tanpa sehelai benangpun.. gak malu walo ada beberapa orang yang wudhu, hahahaha.. parah nih.. Kayaknya orang2 sini pada gak punya WC pribadi ya, mandinya di tempat wudhu masjid.. Dari yang awalnya kebelet pipis, bingung nyari toilet di masjid ini yang dikunci semua, eh jadi ilang rasa kebelet pipisnya gegara orang mandi tadi.

Lanjut, kitapun mencari tempat pipis berikutnya, setelah dengan sabar menunggu, akhirnya nemu salah satu penginapan + resto, wah lupa nama tempatnya, pokoknya halamannya luas, di depan ada restoran, dan di belakang + samping ada kamar kamar penginapan, sedangkan di belakang kamar penginapan ada kebun strawberry yan gbesar besar buahnya, beda banget ama Strawberry yang kita beli tadi di pinggir jalan pakai mika, kalau di sini jualnya kiloan, sekilo harganya 35 ribu,bisa petik sendiri atau dipetikin ama yang punya.



Udah lega bisa pipis dan udah puas borong strawberry lagi, kit apun lanjut menuju Air Terjun Sendang Gila dan Tiu Kelep di daerah Senaru Bayan. 

Udah lama banget saya gak ke duo air terjun ini, terkahir bulan Juli 2011 wah berarti udah dua tahun lebih yaaa.. Dan ini adalah kali ketiga saya menginjakkan kaki di sini. Banyak perbedaan di sini antara dulu dan sekarang, yang pertama tulisan welcome to waterfall di bagian depan, trus jalan setapak menuju Air Terjun Tiu Kelep udah diperkeras menggunakan batu + semen, dulu masih alami dari tanah. Trus ada pagar di awal awal jalan setapak. Tangga yang menuju jembatan berlubang juga udah diperlebar dan dibuatkan pagar di kanan kirinya. Kemudian ada banyak berugak dan tempat duduk di sekitar air terjun sendang gila, dulu cuma sedikit dan gak terawat.

Ini nih foto foto di Air Terjun Tiu Kelep dan Sendang Gila :
Tiket Masuk @ Rp5.000,00






Gak kerasa udah jam 5 sore nih... hohoho, dimana rencana awal mau sunsetan di sekitar malimbu gagal total, harusnya jam segini sih udah di Malimbu, tapi apa daya, keluar wilayah air terjun pun belum. Masih ada ratusan anak tangga menanti di atas.. hohoho.

Sampai di tempat pembelian tiket, ternyata udah gak ada petugas jaganya.. Wah ini bisa jadi tips gratis masuk ke Air Terjun Sendang Gila dan Tiu Kelep, yaitu datanglah jam 5 sore... haha....

Dan kita pun lanjut meluncur menuju Mataram.... Kalau dihitung hitung lewat speedometer kendaraan, muterin rinjani ini menempuh jarak 200-an kilometer lho. Lumayan yaa.. lumayan melelahkan.


jangan lupa follow twitter kita @lombokkita untuk all about Lombok
LOMBOK itu INDAH

4 comments: Leave Your Comments

  1. Btw pulang dari air terjun tiu kelep nya lewat gorong2 ngak ???? gw kemarin masuk gorong2 dan sumpah keren banget :)

    ReplyDelete
  2. sedang perbaikan jembatan berlubang, lubang gorong gorong ditutup.. hohoho.. Sekarang jembatan udah gak berlubang lagi, ditutup besi di hari minggu nya, saya kesana hari sabtu...

    ReplyDelete
  3. bos itu ke air terjun sendang gile, full naik mobil ato ada jalan kakinya. berapa lama naik mobilnya dan jalannya dari rute mataram masing2.? apa perlu sewa guide lagi ato memang ada penunjuk jalnnya.. Coz I dari surabaya mau ke sana g tau jalan. Thanx.

    ReplyDelete
    Replies
    1. mobil diparkir di tempat parkir, lanjut jalan kaki ke Air Terjun Sendang Gila (5 menit), bisa lanjut ke Air Terjun Tiu Kelep (30 menit)

      Delete

Silakan Meninggalkan Jejak di Kolom Komentar