WHAT'S NEW?
Loading...

Terengah-Engah di Pantai Munah Lombok

Pertama kali saya tahu tentang Pantai Munah ya dari iseng iseng saya obrak abrik peta wilayah Pantai di selatan Pulau Lombok, Pantai Munah ini lokasinya ada persis di sebelah Pantai Tlawas, dan memang untuk sampai sini, harus lewat pantai tlawas dulu, karena belum ada jalur darat yang langsung menuju pantai ini (seperti layaknya Pantai Sowan di Lombok Timur).  Ini nih Peta Lokasi Pantai Munah di Lombok Tengah :




Setelah puas menjelajahi Pantai Tlawas yang semuanya Batu Batu, akhirnya kami bertiga (Saya, Agus dan Kadir) sampai juga di Pantai yang berpasir, hohoho... Pantai Munah.. Dengan garis pantai yang lumayan agak panjang dan ombaknya yang bergulung gulung, pantai ini pas nih buat surfing (menurut saya sih).  Tapi ya gegara aksesnya yang lumayan susah, jadi ya belum ada yang surfing disini. Dan sepertinya memang baru kami bertiga nih yang udah foto foto di Lokasi ini, cari di gugel belum ada dah yang udah Narsis Narsis-an di Pantai Munah ini, hihihi


 

Rindangnya pohon di pinggir pantai laksana bingkisan terindah dari Tuhan, lha panas banget jeh pantainya (ya namanya pantai pasti panas yaaa). Setelah sampai di Pantai ini, lokasi yang pertama saya tuju adalah bawah pohon, hihi... Lariii... Yang kemudian diikuti oleh dua temen saya.


Di bawah pohon ini, kami istirahat sebentar, lah ternyata jam 12 siang teng... Pantesan panas banget rasanya. Untung ya saya bawa sebotol besar air mineral, lha dua orang temenku ini bawa aer tapi ditinggal di motor #pffft.. Apa guna bawa... Akhirnya sebotol buat bertiga.

"Lanjut gak nih? Ayok jalan lagi... Nanggung udah sampai sini masa mau balik" Itu kalimat penyemangat yang saya lontarkan.. Hihihi langsung dah pada semangat panas panasan lagi, eh si agus dan mas kadir malah berbaring di pantai, katanya sih lagi nonton Film Alam 3 Dimensi, jiahaha




Semakin ke kiri, kondisi pantainya agak berbeda, di sini terlihat dasar dari pasir yaitu lempengan batu, yang langsung mengingatkan saya akan kondisi Pantai Perak di Jerowaru Lombok Timur, mirip mirip, trus di lempengan batuan itu ada cekungan berisi air laut, persis dah ama pantai perak.


Sampai di Pojok kiri pantai, pasir habis, dan kembali kondisinya sama seperti pantai tlawas yaitu batu batu. Di sini batunya agak licin kena lumut, jadi harus lebih hati hati.


Semakin menjauh dari pasir pantai munah, kondisi batuannya berubah lagi, yang tadi berwarna hitam, di sekitar sini berwara kuning kecoklatan, seperti besi berkarat.



Coba perhatikan foto di atas... Seperti berkarat khan. Apakah batunya mengandung besi yang berkarat gegara air laut??

Lanjut jalan lagi, kondisi bebatuannya berubah lagi, sekarang berganti berundak undak, jadi kami harus ngeluarin tenaga lebih buat mendaki, untung aja sih batunya gak licin. Di sini ada satu kubangan besar berisi air laut super jernih yang membentuk kolam, wah sepertinya seger nih berendem di sini, seandainya gak panas terik gini, mau dah saya berendem.

Kolam Air Laut

Trekking Mendaki Bebatuan

Memang Butuh Tenaga Ekstra untuk Menjangkau Puncak
Dan akhirnya sampai juga saya di pojokan, udah mentok nih, gak bisa lanjut. Di sini saya sempetkan foto dulu, terlihat di depan Pantai Munah dengan ombaknya yang super waaaah... Sedangkan di belakang saya, terlihat hamparan pasir putih memanjang yang menurut info dari penduduk deket sini bernama Pantai Selau, dari sini juga terlihat beberapa rumah gubug milik penduduk, wuih berarti ada jalan darat tersendiri tuh menuju Pantai Selau, gak mungkin harus lewat pantai tlawas dan munah dulu.

Sebenernya pas sampai di ujung ini, saya dan agus udah gak bersemangat untuk naik lebih atas lagi, tapi karena semangat dari Mas Kadir, akhirnya saya pun tergoda juga buat naik lagi ke tempat yang lebih tinggi.

View Pantai Munah

View Pantai Selau

Narsis dulu....


Sampai di puncak, tak lupa donk buat narsis... Sayang donk, udah jauh jauh sampai sini gak potoan.

Berhubung di puncak ini puanasss banget, gak lama kita turun lagi, dan langsung trekking lewat jalan awal buat balik ke parkiran, dihitung hitung ada sekitar 2 km lebih kita jalan kaki nih, gempor gempor dah kaki kita.. Tapi Seruu....

Dan perjalanan kita lanjutkan menuju Pantai Lancing, yang gak jauh dari sini... Tunggu ya postingan berikutnya :)


jangan lupa follow twitter kita @lombokkita untuk all about Lombok
LOMBOK itu INDAH

6 comments: Leave Your Comments

  1. Lombok mmg kagak ada mati nye, banyak banget tempat2 asyik, Kayak nya mesti segera balik ke lombok :-)

    ReplyDelete
  2. Mas, bagi infonya dong disekitar pantai munah ada hotelnya ga ya? Dan brp jauh dari bandara? Mksh ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. belum ada hotel sekitar situ.. lumayan jauh dari bandara

      Delete
  3. Dan apa sekarang sarana jlnnya sdh ada? Mksh

    ReplyDelete
    Replies
    1. akses langsung belum ada, harus susur pantai mulai dari pantai tlawas (di samping pantai semeti)

      Delete

Silakan Meninggalkan Jejak di Kolom Komentar