WHAT'S NEW?
Loading...

Dunia Fantasi Ancol, Jakarta

Jalan-jalan ke Ancol ini sudah lama, kira-kira dua Tahun yang lalu, bersama teman-teman Kuliah. Wisata di sini gak nahan bos, mahal masuknya... Haha, maklum anak kuliahan. Harga tiket masuknya bisa buat makan seminggu niy...

Taman Impian Jaya Ancol ini merupakan kawasan Wisata Terbesar, Termegah dan termewah di Indonesia. Pantaslah, harga tiketnya mahal. hehe. Keberadaaannya sangatlah populer, tidak saja bagi kalangan masyarakat ibukota maupun seluruh indonesia. Setiap harinya pengunjung yang datang tidak hanya berasal dari masyarakat Jakarta saja melainkan ada saja dari berbagai pelosok daerah seperti dari Jawa Barat, Jawa Tengah, Lampung dan provinsi yang ada di Indonesia pada umumnya (Wisatawan domestik), bahkan ada yang datang dari mancanegara (Wisatawan asing).




Beta punya cerita tentang sejarah Ancol niy, mau beta bagi-bagi. Nah, Sebagai kawasan Wisata, sebetulnya Taman Impian Jaya Ancol ini telah ada semenjak Abad 17 pada masa Gubernur Jendral Hindia Belanda, Adrian Valckenier, yang memiliki rumah peristirahatan yang sangat indah di tepi pantai, hingga seiring dengan waktu kawasan tersebut berkembang menjadi kawasan wisata pantai.




Kawasan tersebut sempat terabaikan dan menjadi kotor tak terawat pada masa Perang Dunia ke II. Setelah lama berlalu muncul usulan agar kawasan tersebut dijadikan kawasan industri, namun usulan tersebut di tolak oleh Presiden RI pertama yakni Ir. Soekarno. Malah bung Karno ingin membangun kawasan ini sebagai Kawasan Wisata. Kemudian bulan Desember 1965 Bung Karno memerintahkan Gubernur DKI Jaya yang saat itu dijabat oleh Dr. H. Soemarno, Sosroatmodjo sebagai pelaksana pembangunan proyek Taman Impian Jaya Ancol, namun proyek tersebut baru terlaksana dibawah pimpinan Gubernur Ali Sadikin, sedangkan pembangunan Ancol dilaksanakan oleh PD Pembangunan Jaya dibawah pimpinan Ir. Ciputra.

0 komentar:

Post a Comment

Silakan Meninggalkan Jejak di Kolom Komentar