WHAT'S NEW?
Loading...

Komplek Tamansari, Yogyakarta

Bosan, kalau jalan-jalan ke Jogja cuma ke Malioboro, akhirnya beta memutuskan ke Komplek Taman Sari. Lokasinya agak tersembunyi, di belakang Keraton Jogja. Taman Sari Yogyakarta ini adalah sebuah situs bekas taman atau kebun istana (royal garden) Keraton Yogyakarta, yang dibangun pada zaman Sultan Hamengku Buwono I (HB I) pada tahun 1758-1765/9.

Awalnya, taman yang mendapat sebutan "The Fragrant Garden" ini memiliki luas lebih dari 10 hektar dengan sekitar 57 bangunan baik berupa gedung, kolam pemandian, jembatan gantung, kanal air, maupun danau buatan beserta pulau buatan dan lorong bawah air. Kebun yang digunakan secara efektif antara 1765-1812 ini pada mulanya membentang dari barat daya kompleks Kedhaton sampai tenggara kompleks Magangan. Namun saat ini, sisa-sisa bagian Taman Sari yang dapat dilihat hanyalah yang berada di barat daya kompleks Kedhaton saja. Sedangkan yang lain beralih fungsi menjadi pemukiman warga.

Bagus lho taman ini, bangunannya khas jaman dulu banget, foto beta di atas itu saat berada dikolam pemandian. Sebenarnya masih banyak foto-fotonya, tapi takutnya nanti dibilang narsis... hehe. Asyik ya kalau mandi di situ, sayangnya itu hanya untuk dilihat, pengunjung dilarang menceburkan diri, kalau nekat, pasti langsung akan diangkut petugas. haha. Eh ternyata pengunjung di sini ada bulenya juga coi. Jadi sepertinya memang sudah terkenal nih tempat.

0 komentar:

Post a Comment

Silakan Meninggalkan Jejak di Kolom Komentar