WHAT'S NEW?
Loading...

Snorkling di Gili Trawangan, NTB


Siapa yang datang ke Gili Trawangan tanpa mencoba Snorkling, berati dia belum datang dengan sebenar-benarnya, karena orang-orang pengen kesini untuk snorkling. Kebetulan ane berkesempatan traveling ke pulau ini, tanpa menyianyiakan kesempatan, ane langsung sewa alat snorkling. Untuk sewa alat yang terdiri dari kacamata renang plus alat bernapas, pelampung, dan sepatu katak tarifnya Rp 60.000,00 per orang, nah kalau mau nyewa guide biar bisa ngajarin snorkling dengan baik dan benar serta menunjukkan daerah mana yang bagus karangnya harus nambah uang lagi, lumayan mahal juga nambah seatus ribu rupiah.

Di sepanjang pantai banyak yang menyewakan alat-alat ini, tapi ada yang lengkap dan ada juga yang tidak. Walapun penyedia sewanya orang asli lombok, mereka pinter bahasa inggris loh.. Ya jelaslah ini khan pulaunya bule, 90% isinya bule, ada yang putih juga ada yang item, haha.

Setelah ane nyemplung ke air, awalnya tidak terlihat apa-apa, karena airnya keruh bercampur pasir, akan tetapi setelah agak ke tengah baru kelihatan makhluk-makhluk hidup di dalam laut tersebut, banyak ikan-ikan kecil berwarna warni, juga karang-karang, dari yang kecil sampai yang berukuran jumbo. Oia ada juga semacam untaian yang terbuat dari besi, seperti kawat tapi agak besar. Setelah ane tanya ke guide nya, baru tahu kalau itu adalah tempat pembibitan karang, nah sebagai pemicu, juga dialiri listrik arus kecil. Namun butuh waktu bertahun-tahun agar karang ini bisa tumbuh. Bagaimana? Tertarik? Cobalah...!!

2 comments: Leave Your Comments

  1. Enaknya di NTB ya gini ini, tempat-tempat snorkling berlimpah yang menyediakan penyewaan peralatan.. kalau di NTT harus siapin sendiri alatnya kalau gak ya udah lewat tuh terumbu dari atas :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah itu bisa jadi potensi bisnis tuh
      penyewaan alat snorkling :))

      Delete

Silakan Meninggalkan Jejak di Kolom Komentar