WHAT'S NEW?
Loading...

Mampir ke Goa Maria Tritis, Gunungkidul

Trip menyusuri pantai selatan Gunungkidul pun usai sudah di hari kedua, dengan objek terakhir yaitu Pantai Baron. Hari masih pagi, saat itu kira kira menunjukkan pukul setengah sepuluh, saya berencana kembali ke Kota Jogja untuk mengembalikan motor sewaan dan pulang ke rumah. Perjalanan kembali ke Kota Jogja harus menempuh jarak kurang lebih 70 KM, melewati jalan naik turun bukit dan berkelak kelok, akan tetapi untungnya jalan sudah bagus, halus, dan lebar.

Nah belum terlalu jauh seteah meninggalkan Pantai Baron, saya melihat papan petunjuk di sebelah kanan bertuliskan "Goa Maria Tritis", rasa penasaran saya pun muncul, saya arahkan kendaraan menuju goa tersebut. Lokasi nya persis di pinggir jalan, sedangkan goanya sendiri sepertinya ada di atas, karena ada tangga menuju ke atas. Di bagian bawah ada Salib Putih dari kayu dan semacam tulisan di dinding.

Sempat saya bermaksud untuk menaiki tangga, tapi karena kesan horror nya begitu terasa saya pun mengurungkan niat saya, dan hanya sampai di tingkatan pertama. Xixixi sebenarnya sih gak serem, coz lokasinya di pinggir jalan besar, ya cuma karena sepi aja jadi gimana gituu. Alhasil saya cuma bisa foto-in bagian bawahnya saja :



Goa ini masuk ke dalam wilayah desa Giring, Kecamatan Paliyan, Gunungkidul, Yogyakarta. Nama Tritis berasal dari bunyi air yang jatuh dari stalaktit stalaktit di bagian atas goa yang menimbulkan bunyi "tis tis tis". Goa ini sendiri aktif dijadikan sebagai tempat peribadatan bagi umat Katholik.

1 comment: Leave Your Comments

  1. jadi pengen pulang ke gunungkidul.... :(

    ReplyDelete

Silakan Meninggalkan Jejak di Kolom Komentar