WHAT'S NEW?
Loading...

Trip Singkat Menyusuri Pantai Selatan Gunungkidul Jogja

Trip ini sebenarnya Plan B saya di liburan Bulan Mei ini. Dimana sebenarnya rencana saya mau nge-trip di Karimunjawa. Tapi sayang sekali karena adanya miskomunikasi, gagal sudah trip Karimunjawa nya.

Berangkat dari Purworejo, sebuah kota kecil nan sepi di sebelah barat Jogja menggunakan Kereta Pramex pada hari Senin 21 Mei 2012 lewat Stasiun Jenar dengan tiket seharga 10 ribu rupiah tujuan Jogja. Saya pilih hari Senin agar di perjalanan serta di Lokasi Pantai tidak ramai, karena berdasarkan pengalaman, kalau jalan jalan pas hari libur pasti akan sangat ramai Pantainya, kurang elok buat dijepret.

Kereta meluncur jam 08.30 WIB. Perjalanan Jenar - Jogja saya lalui dengan berdiri di kereta selama sejam. Diluar perkiraan saya, Senin pagi justru samai luar biasa, kebanyakan sih anak kuliahan yang asalnya dari Purworejo dan Kuliah di Jogja setelah pulang kampung Sabtu Minggu di Purworejo. Perjalanan pun terasa lama, mungkin karena dalam keadaan berdiri, selain itu harus selalu waspada pegangan, karena Masinisnya suka iseng, pas berhenti di Stasiun Stasiun kecil sepanjang perjalanan nge-rem mendadak.

Tepat waktu, jam 09.30 kereta pun sampai di Stasiun Tugu, Jogja. Setelah istirahat bentar di stasiun lalu ambil perbekalan di ATM, saya pun keluar lewat pintu bawah tanah menuju Jalan Pasar Kembang (Sarkem). Jalan Sarkem yang sudah terkenal mendunia sebagai lokasi prostitusi (katanya sih), ternyata banyak kios kios penyewaan mobil dan motor. Tak perlu lama lama memilih kios, saya pun menuju salah satu kios yang bernama "Pahala Motor Bike Rental".

Saya pilih sewa motor karena untuk menjangkau lokasi lokasi terpencil di Gunungkidul gak ada angkutan umumnya, selain itu biar bisa bebas kemana aja sesuka hati, meskipun ada efek sampingnya, yaitu "kesasar" (semoga tidak deh). Untuk menyewa motor ini lumayan simpel persyaratannya, gak ribet. Saya diminta KTP, SIM, Kartu Pegawai, Kartu NPWP, Uang jaminan 500 ribu serta ngisi formulir perjanjian. Nah disini ada berbagai macam motor dengan tarif sewaan berdasar umur motor, semakin baru semakin mahal dengan range harga 50 ribu - 70 ribu (belum ditawar). Saya pun milih motor matic Honda Beat biar gak ribet di jalan dengan tarif 60 ribu per hari, karena saya pinjem 2 hari, jadinya 120 ribu, ditambah uang jaminan, jadinya saya serahin 620 ribu (500+120 ribu). Akhirnya Motor + STNK pun saya dapatkan plus SIM saya dikembalikan, yeyeye siap meluncur menuju Pantai......

Berdasar hasil browsing2 dan info dari temen, pertam saya harus meluncur ke arah Wonosari, untuk menuju ke sana pun gak susah, tinggal ikuti papan petunjuk arah di setiap persimpangan. Akah tetapi ada beberapa persimpangan gundul alias gak ada petunjuk arahnya, nah bingung gak tuh, tenang masih ada GPS di HP pokoknya arah kendaraan harus menuju daerah Tepus - Girisubo karena pertamakali saya akan ke Pantai Wediombo yang ada di daerah Girisubo.

Sekitar 3 jam perjalanan dari Kota Jogja, akhirnya saya sampai juga di kawasan Pantai Wediombo. Perjalanan cukup menguras tenaga dan konsentrasi karena selain cuaca yang ekstrim panas (maklum pas tengah hari) kondisi jalan nya tidak terlalu lebar, naik turun serta berkelak kelok, untungnya udah aspal halus.

Berikut ini urutan perjalanan menyusuri Pantai di Gunungkidul, Jogja:
  1. Pantai Wediombo
  2. Pantai Siung
  3. Pantai Indrayanti / Pantai Pulang Syawal
  4. Pantai Somandeng
  5. Menikmati Sunset di Pantai Ngandong
  6. Bermalam di Pantai Sundak
  7. Pantai Sadranan
  8. Pantai Slili dan Krakal
  9. Pantai Sarangan
  10. Pantai Pulau Drini
  11. Pantai Watukodok
  12. Pantai Sepanjang
  13. Pantai Kukup
  14. Pantai Baron (cuma sampai di pintu masuknya)
  15. Goa Maria Tritis 
(daftar pantai di Gunungkidul Jogja)
Ada satu pantai yang saya lewatkan, yaitu Pantai Jogan yang lokasinya deket pantai Siung ini ternyata ada air terjun kecil yang air nya meluncur ke Laut, mantep rek..

Oia, untuk mengikuti perjalanan saya di setiap pantai, klik aja di nama pantai dalam daftar pantai di atas. Untuk Pantai Baron, saya gak sampai di lokasi pantainya, gak tau ya kenapa pas sampai di pantai ini, mood saya untuk nge-pantai tiba tiba ilang, cuma berhenti bentar di depannya, trus balik arah, menuju Jogja. Mungkin karena dah jenuh ngelihat pantai dari kemaren, atau mungkin pengen segera menuju peradaban di Kota Jogja, atau mungkin karena rasa lapar (belum sarapan).

Akhirnya sekitar jam setengah 11 pagi hari Selasa 22 Mei 2012 saya pun dah sampai lagi di kota Jogja, dan tujuan pertama saya adalah tempat makan, lapar booooo'. Pilihan saya jatuh pada Sop Ayam Pak Min Cabang Klaten yang ada di Jalan Mataram alias sebelah belakang timur Malioboro. Saya makan satu porsi Sop Ayam + Teh Anget + Sate Telur + Tahu Goreng = 8000 rupiah, murah ya, so pasti menurut saya murah abis. Setelah kenyang, saya pun menuju Ambarukmo Plaza. Ngapain? Tentu saja ngadem dan nonton pilem di 21, maklum booo setelah saya merantau di Lombok, udah lama sekali gak ketemu layar bioskop, belum ada bioskop disono. Nonton apa saya disana? Dari 5 film yang diputer, saya pilih Film "The Avengers". Haha telat banget ya baru nonton pilem ini, ya gak papa lah dari pada nggak, alhasil tiket The Avengers seharga 25 ribu pun saya dapetin :


Hoho setelah lama gak masuk ruangan 21, ternyata sekarang sebelum film mulai, ada mbak mbak petugas 21 yang ngedarin ato jualan POP CORN dalam ruangan bioskop, haha, trik ini berhasil rupanya, lebih banyak pengunjung yang beli pop corn di sini daripada di kios resminya di deket tempat penjualan tiket. Seperti saya yang akhirnya beli juga, hihihihi.

Setelah sekitar 2 jam film diputer, saya pun keluar dengan kepala pusing, mungkin karena salah pilih tempat duduk. Langsung saya keluar mall, kembali ke jalan Pasar Kembang, ngembaliin motor sewaan, menuju ke Stasiun Tugu, beli tiket pramex lagi dan pulang ke Purworejo.

#JogjaTrip Selesai..... 

4 comments: Leave Your Comments

  1. gambar honda vario hijau di pahala motor sepertinya akrab dengan saya :) ... pernah rental di situ jg -->
    https://andryberlianto.wordpress.com/2011/12/22/by-any-rides-jogja-kaliurang/

    ReplyDelete
  2. sounds good, uda skian tahun di yk baru baron dan kukup yg pernah didatengin

    ReplyDelete

Silakan Meninggalkan Jejak di Kolom Komentar