WHAT'S NEW?
Loading...

Museum Karmawibhangga di Candi Borobudur


Ada dua Museum yang berada di Komplek Candi Borobudur, setelah kemaren saya nulis tentang Museum Kapal Samudraraksa, kali ini akan saya nulis tentang Museum Karmawibhangga. Museum ini terletak dekat dengan pintu keluar. Jadi setelah kita bercapek capek ria serta berpanas panas ria mendaki Borobudur, kita bisa istirahat sejenak di museum ini sembari melihat lihat koleksi di dalam museum ini.

Nama Karmawibhangga sendiri baru saya tahu setelah browsing di internet, dan browsing itu saya lakukan setelah pulang dari museum ini, karena di luar museum ini cuma ada tulisan "Museum Borobudur". Untuk masuk museum ini tak perlu bayar tiket alias gratis karena sudah termasuk dalam tiket masuk candi sebesar tiga puluh ribu rupiah (Mei 2012).

Setelah memasuki pintu masuk kita langsung bisa melihat ratusan bongkahan bongkahan Candi Borobudur yang seperti puzzle yang tak bisa disatukan lagi. Di museum ini ada dua pendopo yang bisa kita gunakan buat duduk duduk santai maupun tiduran dengan iringan suara burung burung dalam kandang dan semilir angin yang semakin membuat kita mengantuk. Selain itu di pendopo ini ada banyak colokan listrik nganggur, ini sangat bermanfaat di jaman yang serba Smartphone ini, seperti kita tahu lah ponsel ponsel pintar jaman sekarang amat sangat boros baterai.



Di komplek museum ini juga terdapat beberapa Ruang Pamer, namun saya cuma memasuki satu ruangan saja, karena sudah kelelahan dan akhirnya saya memilih tiduran di pendopo dalam, sembari mengisi baterai hape yang sudah sekarat. Di samping pendopo dalam terdapat satu patung Budha yang biasa disebut patung Unfinished Budha karena bentuknya yang tidak sempurna. Ini fotonya :

0 komentar:

Post a Comment

Silakan Meninggalkan Jejak di Kolom Komentar